Mahasantri Ma'had A'ly Tebuireng Praktik Rukyatul Hilal

1komentar

Sebanyak 23 mahasantri Ma'had Aly Hasyim Asy'ari mengadakan praktik rukyatul hilal di Balai Rukyatul Hilal Lajnah Falakiyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama  kabupaten Gresik (komplek Makam Condrodipo).

Pelatihan yang berlangsung pada Kamis (25/9/2014) memanfaatkan momentum penentuan 1 Dzulhijjah meski seharusnya hal itu dilaksanakan sehari sebelumnya (24/9/2014). Praktek dipandu langsung Tim Badan Hisab-Rukyat Gresik dan dosen pembimbing H. Muhammad Makmuri M.HI.

Dosen tersebut meminta mereka untuk praktik langsung rukyatul hilal untuk meningkatkan keterampilan dalam penentuan awal bulan baik secara rukyat maupun hisab.

“Kegiatan ini merupakan serangkaian kewajiban dalam menempuh mata kuliah ilmu falak. Jadi hal yang seperti ini udah berlangsung kesekian kalinya,” katanya.

Meski demikian, lanjut dia, kegiatan yang semacam ini akan terus dilaksanakan pada tahun-tahun berikutnya agar menjadi bekal para mahasiswa kelak saat hidup di tengah-tengah masyarakat.

"Alhamdulillah, dalam Kegiatan praktek kali ini sukses melihat bulan dengan posisi 11 derajat berada di ufuk barat, yang berlangsung selama 48 menit,” terangnya.

Jadi, ia menerangkan, dilihat melalui teleskop, posisi bulan hanya berbentuk goresan kecil melengkung yang tak terlihat oleh mata telanjang. (Aldo/Abdullah Alawi)
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

4 Maret 2022 pukul 16.54

The Buffet at Mohegan Sun - Mapyro
Mohegan 상주 출장안마 Sun · The Buffet at 오산 출장샵 Mohegan Sun · The Buffet at Mohegan Sun · The Buffet at 수원 출장샵 Mohegan Sun · The Buffet 양주 출장샵 at Mohegan Sun · 양산 출장마사지 The Buffet at Mohegan Sun  Rating: 4.1 · ‎1,994 reviews

Posting Komentar

 
TEMPLATE ASWAJA| Media Pondok Pesantren Al Islami Balikpapan - All Rights Reserved
Supported : Johny dan Mas Themes